memperbaiki sitemap.xml not found 404

Pada kenyataannya, banyak, blogger yang mengarahkan (redirect) sitemap/feed mereka di Feedburner, meskipun Blogger telah menyediakan feed defaultnya, yaitu Atom Feed System. Jadi kebanyakan blogger telah mengarahkan default feed ke feedburner seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini :

memperbaiki sitemap.xml not found 404

Ketika kita submit RSS atau Atom feeds di Google Webmaster Tools Site sebenarnya kita telah submit dengan mengarahkan sitemap ke host Feedburner. Kerugian jika kita melakkukan hal ini, yaitu ketika Robot Google merayap (crawl) blog Anda yang secara normal atau basic mengindeks semua data blog melalui default BlogSpot feed system, nah...tapi karena telah diarahkan feed default ke Feedburner, maka Robot Google harus menghubungi / contact melalui 2 sistem feed dalam waktu bersamaan. Yang pertama melalui BlogSpot feed system dan kedua melalui Feedburner system, tentu ini membingungkan dalam proses peng-indeks-an data yang akhirnya menghasilkan banyak kesalahan / error feed proxy (Feed Proxy Errors).
 
Tentu ini bisa bikin kepala pusing, karena kita telah merasa melakukan submitting sitemap dengan benar. Namun jangan galau dulu kawan, sebab saya akan memberi solusi untuk mengatasi Error Sitemap Feed Proxy ini.

Kesalahan yang dibuat banyak blogger adalah penambahan data sitemap sebagai berikut di Google Webmaster Tool :
http://NAMABLOG.blogspot.com/rss.xml
ATAU
http://NAMABLOG.blogspot.com/atom.xml

Penambahan sistem feed diatas akan menghasilkan puluhan kesalahan error proxy di webmaster tool, solusinya adalah dengan menambahkan atau submit data sitemap berikut :
http://NAMABLOG.blogspot.com/feeds/posts/default?redirect=false
Catatan :
  • Anda hanya perlu menambahkan feeds/posts/default?redirect=false sehingga URL blog Anda akan ditambahkan secara default.
  • Dimana, feeds/posts/default?redirect=false adalah kode yang mengarahkan Google hanya untuk sistem default Blogspot Atom Feed system.

Setelah Anda menerapkan cara diatas, maka saya yakin tidak lagi menemukan error crawl 404 page not found  error feed proxylainnya di Google Webmaster Tools Site. Kurang lebih Anda akan melihat hasilnya seperti ini :

status error di webmaster tool
Status Error / health di blog proBlogiz


Gimana sobat? Tidak ada salahnya Anda mencobanya metode ini, jika Anda mempunyai masalah Error Crawl seperti "general HTTP error: 404 page not found". Semoga dengan menerapkan Cara Mengatasi Error Sitemap Feed ini, tidak ada lagi error-error yang mengganggu blogger sekalian.

No comments:

Post a Comment