CARA BUAT WIDGET ARTIKEL / POSTING TERBARU DI BLOG DENGAN GAMBAR/JUDUL

Dengan memasang Widget Artikel Terbaru ini di Blog pengunjung akan mengetahui daftar artikel-artikel yang baru saja anda publikasikan atau postingan yang baru saja di perbaharui/update. Sehingga akan meningkatkan jumlah pageview blog apabila ada pengunjung yang meng-klik atau mengunjungi artikel terakhir yang sudah anda publikasikan.

Kami bagikan 6 widget artikel terbaru untuk anda seperti widget artikel terbaru hanya berupa tulisan, dengan gambar, dengan gambar dan efek tooltip, efek slide out, efek slide dan dalam bentuk slider. OK langsung simak tutorial cara memasang widget artikel terbaru di blog berikut ini!

Widget Artikel Terbaru Versi 1

Artikel Terbaru Versi 1
Widget artikel terkait yang pertama ini memang sederhana, widget ini juga tampilannya akan mengikuti sesuai dengan design template pada bagian sidebar blog.

Jika anda inginkan widget artikel terbaru yang tampilannya sederhana saja maka anda dapat mencoba widget ini. Bah berikut ini adalah cara memasanya di Blogger.
1. Di Blog Bloggernya sobat.
2. Pilih Tata Letak => Tambah Gadget => HTML/JavaScript.
3. Download kodenya DISINI kemudia Copy dan pastekan pada HTML/JavaScript.
Anda masih bisa mengubahnya misalnya
numposts = 8; yaitu judul artikel yang akan ditampilkan.dan silahkan ganti http://www.seocips.com dengan URL blog Anda.
4. Simpan dan lihat hasilnya.

Widget Artikel terbaru Versi 2

Widget Artikel terbaru dengan gambar
Nah sekarang berikut ini adalah widget artikel terbaru juga, tapi bedanya widget artikel terbaru ini hanya menampilkan gambarnya saja, tampilannya bisa di katakan keren. Ok untuk anda yang tertarik ingin memasang widget artikel terbaru yang hnaya menampilkan gambarnya saja silahkan ikuti tutoroial berikut ini;

1. Masuk ke akun blogger anda
2. Pergi ke menu tata letak
3. Tambahkan Widget, pilih HTML javascript
4. Download kodenya DISINI dan letakan ke kolom HTML tadi
5. Text angka 20 ganti dengan jumlah gambar artikel yang akan anda pasang disana dan http://www.seocips.com  ganti dengan URL blog anda
6. Simpan dan lihat hasilnya.

Widget Artikel Terbaru Versi 3

Artikel terbaru dengan gambar dan efek tooltip
Widget ini menurut saya cocok jika di pasang di sidebar Blog dimana untuk memberitahukan pengunjung blog anda mengenai beberapa artikel terbaru yang sobat publikasikan. Widget ini disebuat juga widget Recent Post. widget ini memiliki tampilan yang bagus dan juga ada efek tooltipnya.

Efek Tooltip? mungkinsobat belum tahu yang dimaksud efek tootip maka sobat dapat membaca artikel sebelumnya tentang cara membuat efek tooltip diblog.

Cara memasang widget ini juga sangatlah mudah anda tinggal menambahkan kodenya ke widget HTML di samping atau sidebar Blog anda. Jika anda tertarik silahkan lihat tutorial cara memasangnya dan demonya DISINI.

Widget Artikel Terbaru Versi 4

Widget artikel terbaru slide out on scroll
Widget ini akan keluar ketika halaman blog di scroll kebawah, widget ini bisa juga anda ubah menjadi widget relate post. Memasang slide artikel terkait ini cocok utuk blog dengan tema apa saja, intinya adalah untuk membuat pengunjung tertarik ingin membaca artikel terbaru ataupun artikel terkait menarik lain yang ada di blog sobat.

Contohnya seperti ini, ketika pengunjung blog sobat sedang membaca artikel sobat, ketika artikel sudah mau habis dibaca atau dipertengahan artikel tiba-tiba muncul slide artikel yang pastinya pengunjung blog akan otomatis melihatnya dan jika artikel yang muncul menarik, mungkin saja pengunjung blog anda tertarik untuk membacanya. Untuk cara membuatnya silahkan baca DISINI.

Widget Artikel Terbaru Versi 5

Widget artikel terbaru slide out on scroll 2
Widget ini hampir mirip dengan widget slide artikel terbaru versi 4 yang juga muncul ketika halaman Blog di scroll kebawah cuma bedanya widget ini selain seperti slider juga lebih halus kelihatannya. Widget ini pertama saya lihat ketika dibagikan oleh Adhy Suryadi yang adalah selaku pemilik blog kompi ajaib.

Selain dapat menunjukan artikel terbaru diblog anda widget ini juga bisa anda gunakan seperti widget artikel terkait. Mungkin agak sulit pemasangannya karena anda akan mengedit tempalte anda, maka sebaiknya sebelum mencobanya backup dahulu template anda. Apakah anda tertarik ingin memasangnya ke Blog? baca DISINI.

Widget Artikel Terbaru Versi 6

Widget Slider artikel terbaru
Widget artikel terbaru ini lebih dikenal denga widget recent post slider. widget ini dapat anda letakan dimana saja di blog anda karena widget ini responsive dan mempunyai lebar 100%. Tapi yang paling cocok menurut kami jika anda meletakanya ke sidebar blog, agar supaya blog anda kelihatan lebih cantik dan memiliki daya tarik tersendiri dan karena memang widget ini lebih cocok diletakan disini.

Widget ini juga dapat di setting untuk menampilkan artikel terbaru di blog anda atau jika anda menginginkan untuk menampilkan widget dengan label / kategori tertentu di blog anda juga dapat mensettingnya, misalnya jika anda ingin menampilkan postingan dengan label " Blog " maka anda tinggal mensettingnya dan hasilnya posting yang akan di tampilkan adalah yang berlabel "Blog". Untuk demo dan cara membuatnya silahkan baca artikel DISINI.

Sebenarnya masih banyak widget-widget artikel terbaru yang masih bertebaran di internet dan untuk saat ini hanya inilah yang dapat kami bagikan. Sekian sobat mengenai cara membuat dan cara memasang Widget Artikel Terbaru atau widget postingan terbaru di Blog Blogspot semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment