Menghilangkan Warning Mc Afee

Beberapa waktu lalu saya mendapat komplain dari salah satu pengunjung blog saya yang lain. Hal ini berkait dengan artikel saya sebelumnya tentang domain dropped.
Meskipun “mungkin” tidak banyak  yang menggunakan antivirus mc afee site advisor di Indonesia, tetapi di luar sana banyak yang menggunakanya. Tentunya hal ini akan berdampak pada traffic dan konversi blog.
Nah, apakah web Anda sedang diblok oleh mc afee ? cek di sini :
http://www.siteadvisor.com/sites/namadomain.ext
Misal nama domain Anda adalah : namadomain.com, maka buka di browser : http://www.siteadvisor.com/sites/namadomain.com

Nanti di sana akan tertera apakah rating web Anda itu hijau, kuning atau merah. Jika kuning atau merah, berarti Anda harus segera membereskannya, karena kemungkinan besar akan diblok oleh mc afee. Untuk membuktikannya, Anda harus download Trial siteadvisor di mcafee.com.
Untuk menghilangkan peringatan tersebut, saya menemukan solusinya di https://community.mcafee.com/message/68874#68874. Silahkan Anda baca di situ.
Untuk tahap awal, silahkan kirim feedback kategori di http://www.trustedsource.org/en/feedback/url?action=checksingle. Silahkan Anda edit kategori yang seharusnya. Sebaiknya Anda daftar terlebih dahulu di trustedsource.org (gratis kok) biar nanti dapat update via email terhadap feedback Anda tersebut. Dan jika sudah direview dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, biasanya beberapa hari kemudian di siteadvisor.com rating web Anda sudah hijau kembali dan tidak ada lagi warning.
Jika setelah 1 minggu ternyata masih terblok, silahkan kirim feedback ke http://www.siteadvisor.com/userfeedback.html. Silahkan baca pedoman feedbacknya supaya cepat diproses di  http://www.siteadvisor.com/disputeresolution.pdf. Baca juga http://www.siteadvisor.com/webmasters/index.html.
Jika ternyata tidak ada respon setelah 2 minggu lebih, silahkan lempar di forum https://community.mcafee.com/community/home/web_email/siteadvisor?view=discussions. Nanti akan ada staf dari siteadvisor yang akan melihat thread Anda. :)
Warning warna kuning bisa terjadi karena kesalahan dari mc afee nya sendiri maupun memang benar-benar ada masalah di blog Anda (malware dll).
Nah, agar Anda bisa selalu mengetahui apakah web Anda terblacklist oleh mcafee, Anda bisa instal software McAfee SiteAdvisor versi FREE di sini atau langsung cek di webnya di sini.


Salah satu blog saya akhir-akhir ini mengalami peningkatan traffic. Tetapi sayangnya beberapa visitor yang menggunakan Mc Afee akan muncul peringatan : Suspicious Site. Dan juga jika menggunakan mywot akan muncul warna merah yang artinya berbahaya. Tahunya adalah ketika ada beberapa visitor yang komplain akan hal ini.
Setelah saya cek menggunakan whois.domaintools.com/namadomain.extension, ternyata domain tersebut sudah pernah drop 2 kali. Artinya sudah pernah 2 kali digunakan oleh orang lain sebelum saya daftarkan. Umur domain tertera di situ sudah 7 tahun, padahal saya daftarkannya 2 tahun yang lalu.
Registrar History: 4 registrars with 2 drops.
Nah, setelah saya cek di siteadvisor.com (http://www.siteadvisor.com/sites/namadomain.extension), muncullah tanda “pentung”. Dan ternyata ada yang melaporkan kalau domain itu mengandung phising. Laporan tersebut terjadi sebelum domain tersebut saya daftarkan. Di sinilah saya dapatkan pencerahan. Lalu saya download trial version live site advisor di web mc afee, dan ternyata benar ada warning seperti di atas tadi. Saat ini saya sedang meminta retesting kepada staf site advisor.
Selanjutnya saya cek di mywot.com, instal pluginsnya di chrome, dan ternyata warnanya merah… Bad reputation. Dan ternyata sama… Ada yang melaporkan kalau mengandung virus dll.
Inilah masalah yang akan dihadapi jika kita tidak mengecek nama domain (drop atau tidak) dan selanjutnya mengecek reputasinya (site advisor dan mywot). Kita bakal kehilangan visitor yang menggunakan 2 tools ini (mc afee live site advisor dan mywot).
So, 3 tools tadi seperti yang saya jelaskan di atas, yatu domaintools.com, site advisor dan mywot. Jika dengan menggunakan domaintools tidak mengalami drop, maka Anda tidak perlu cek dengan SA maupun MW. Tapi jika pernah mengalami drop, dan di SA maupun MW statusnya N/A (not available), Anda bisa daftarkan domain tersebut. Tetapi jika statusnya jelek, pikirkan ulang deh… Jika diambil juga, maka Anda harus urus ke site advisor dan mywot untuk dilakukan penilaian ulang. Prosesnya bagaimana, nanti akan saya share di artikel yang akan datang. :beer:
Apakah domain yang statusnya hijau alias bagus suatu saat bisa jadi merah atau kena pentung (suspicious site) ??!! Bisa banget…. Mau solusinya ? Tinggal ketik di google : how to remove mc afee warning

No comments:

Post a Comment